Kegiatan Owi yang Ditulis di Internet - Kiat Usaha: Pokoknya Dicoba Dibuka. Tiap Hari Tambah Sehat, Tambah Kuat, Tambah Kaya, Tambah Aset, Tambah Takwa. Yes!


Friday, May 16, 2008

Bolehkah Berolahraga Saat Perut Kosong

Tanya: Saya ingin membuang lemak tubuh. Haruskah/bolehkah saya berlatih di pagi hari dalam keadaan perut kosong?

Jawab: Bisa saja hal itu dilakukan. Asal... menu makan malam yang anda konsumsi sebelumnya cukup memadai. Anda pasti ingat, energi yang dipakai adalah hasil pengolahan tubuh terhadap makanan yang dikonsumsi 3-4 jam sebelumnya. Jadi, untuk masalah ini hampir tidak ada persoalan. Hanya saja Anda perlu menjaga kebutuhan tubuh akan cairan. Tentang latihannya sendiri, sebaiknya Anda mengkombinasikan aktivitas aerobik dan angkat beban. ~Drs. Oman U. Subandi (Pusat Kajian Olahraga UNJ) Eiit jangan berhenti, baca terus, tulisan aku nih...

Ehem, latihan yang dimaksud disini adalah di pagi hari, untuk beberapa jam setelah bangun tidur saja. Tidak dimaksudkan memotivasi untuk tidak sarapan, setelah olahraga segeralah sarapan dengan porsi kecil tapi bergizi tinggi seperti sejumlah daging dan air putih secukupnya. Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah berlebih setelah berolahraga. Yah tulisan sendirinya malah pendek.