Kegiatan Owi yang Ditulis di Internet - Kiat Usaha: Pokoknya Dicoba Dibuka. Tiap Hari Tambah Sehat, Tambah Kuat, Tambah Kaya, Tambah Aset, Tambah Takwa. Yes!

Thursday, May 22, 2008

Hal Umum tapi Penting Dalam Hemat Internetan di Warnet

Tarif warnet jauh lebih murah daripade kita ngenet di rumah (apalagi warnet tertentu jelas-jelas memberikan diskon khusus bagi mereka yang punya kartu pelajar saat ngenet). Tetapi semurah-murahnya tarif warnet, kalau kita tidak bisa mengelola dan mengetahui bagaimana berselancar yang nyaman, juga bisa bikin kantong jebol. Nah untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa menghemat kalian saat ngenet.

1. Pengetahuan kalian tentang kemampuan mengeoperasikan dan memanfaatkan internet. Mudahnya begini, Apa sih tujuan kalian ke internet? Mau cari artikel? Mau ngunduh (download) pembaruan (update) antivirus atau program yang lain? Mau ngirim email? Mau chatting? Atau mau apa saja terserah, yang jelas pastikan kalian tahu bagaimana caranya? Kenapa? Kalau kalian belum tahu caranya, maka hal itu akan menghabiskan waktu kalian hanya untuk melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan! Ingat lho, counter (alat penghitung) pemakian internet tetep jalan, meskipun kalian bengong!. Contohnya begini: kalian ingin chatting dengan program Yahoo Messenger eh.. ternyata di warnetnya nggak dipasangi (diinstalI), atau yang lebih parah kalian belum punya account (alamat email) di yahoo. Nah pastinya kalian akan bingung, mungkin harus minta bantuan operator, atau bahkan mengunduh di internet yang tentu saja memakan waktu dan menambah biaya! Nah jelas kan?

2. Infromasi tentang warnet yang akan kalian kunjungi. Sebelum menentukan ngenet di suatu warnet, pastikan kalian punya referensi (informasi) tentang warnet tesebut. Apa saja yang perlu diketahui? Catat nih: Kecepatan akses – ini sangat penting bro! Kalo jalannya internet kayang keong bisa-bisa bikin kalian jenggotan dan bersungut-sungut! Mau kirim email aja makan waktu sampe 15 menit – kelamaan bro! Selanjutnya, fasilitas yang disediakan, misalnya kalian mau main game online, eh ternyata di sana programnya nggak di-install, ya.. sama juga boong! Lalu, tarifnya dan sistem pengihungannya. Ada warnet tertentu yang memasang tarif paket, misalnya kalo satu jam Rp. 3.500,- tapi kalau 3 jam sekalian cuman Rp. 9.000,- ada juga diskon di malam hari misalnya cuman Rp. 10.000,- kalau langsung pake 5 jam. Ada lagi yang ngitung pemakaiannya per-menit, ada yang per-15 menit dan seterusnya. Nah kalau seperti ini, kalian harus tahu mulai jam berapa kalian pakai dan sudah berapa lama. Kalau nggak bisa rugi. Misalnya: ada warnet yang ngitung per-15 menit dikenakan tarif 1.000,- nah kalau kalian pakai 31 menit dengan pakai 44 menit hitungannya ya sama! Kena berapa? Ya, benar kalian harus bayar Rp. 3.000,- untuk pemakaian mulai menit ke 31- s.d menit ke 44. jadi kalau kalian pakai 46 menit saja sudah selisih Rp. 1000,!’