Kegiatan Owi yang Ditulis di Internet - Kiat Usaha: Pokoknya Dicoba Dibuka. Tiap Hari Tambah Sehat, Tambah Kuat, Tambah Kaya, Tambah Aset, Tambah Takwa. Yes!

Friday, May 2, 2008

Bedanya Blogger, Wordpress.com dan Wordpress.org

Jaman sekarang ini kalau mau bikin website sangat gampang, nggak perlu tau yang namanya html, php, asp atau apapun itu namanya, dalam hitungan menit kita udah bisa bikin halaman web lewat layanan yang namanya blog.

Masalahnya, kita ini mau nge-blog pakai platform apa? Ada puluhan blog platform di Internet. Kadang kita dibingungin sendiri, platform apa ya yang cocok untuk saya? Nah, dibawah ini saya coba menggali apa bedanya blogger dan wordpress (WP). Sebelumnya saya kasitau dulu aja, yang namanya wordpress blog itu bisa kita bagi dua jenis. Yaitu wordpress.com yang bukan pakai hostingan kita dan wordpress.org yang dihost di tempat kita.

OK, ini nih bedanya:

1. Biaya
Semuanya gratis, kecuali kalau pakai wordpress.org tentunya harus “menyediakan” hosting server, yang biasanya berbayar. Tapi ada juga kok yang gratisan meskipun nggak saya rekomendasikan.

2. Kemudahan penggunaan
Blogger jadi yang paling mudah penggunaannya. Karena semuanya tinggal klik ini, itu dan beres deh.. Wordpress memang agak sedikit susah, tapi lebih bisa diatur settingannya.

3. Permalinks
Permalinks adalah format alamat url yang bisa kita ketikkan di browser untuk menuju sebuah halaman blog. Karena blog bukan dibuat memakai html dan memakai struktur database, sehingga membuat pemanggilan data membutuhkan struktur url yang sedikit rumit. Nah kita bisa membuat url yang mudah diketik di browser, inilah yang disebut sebagai permalinks.
Di WP, permalinks dihandle dengan sangat bagus, dan pengaturannya mudah sekali. Blogger agak susah kalau mau mengatur permalinks. Saya lebih suka pakai WP.

4. Pinging
Ini adalah proses memberitahu blog direktori setiap kita posting yang akan mengakibatkan halaman blog kita cepat terindex di search engine. Blogger hanya mempunyai 1 ping yaitu ke weblogs.com. WP memiliki ping ke ping-o-matic. Dalam hal ini WP lebih unggul karena ping-o-matic sendiri sebenarnya sudah mem-forward proses ping ke puluhan ping-list di internet. Belum lagi WP juga memberikan opsi kalau kita mau menambahkan ping-list kita sendiri. Pilihan inilah yang membuat WP jauh lebih unggul daripada blogger.

5. Comment
Kita bisa berkomentar di kedua jenis platform blog ini dengan mudah. Meskipun begitu, blogger kalah dalam hal trackbacks dan pingback yang dimiliki WP. Di WP, kita bisa menulis sebuah artikel, kemudian diberi taut ke artikel di blog lain dengan pilihan trackback yang artinya ringkasan artikel kita akan terlihat di comment artikel orang yang kita trackbacks. Ini sangat meningkatkan sisi SEO di blog kita.
Sebenarnya blogger bisa menambahkan trackbacks dengan layanan pihak ketiga dari haloscan, tapi tentunya ada keterbatasan, jadi tetep aja nggak sip :)
6. Template (atau theme di WP)
Di blogger, kita bisa membuat template dengan cukup puyeng terutama untuk pemula yang belum tau bahasa program web, meskipun begitu kalau kita ahli, kita bisa mengubah template kita dengan luwes, seperti pakar blogger indonesia, mas Isnaini.
Dilain pihak, Wordpress menggunakan theme yang terdiri dari struktur-struktur file. Ini memudahkan kita yang mau mengedit theme di WP. Saya lebih suka pakai theme di WP.

7. Kepemilikan
Jelas dalam hal ini WP yang dihosting di tempat kita lebih unggul. Kita tidak usah khawatir blog kita bakal dihapus sewaktu-waktu. Dulunya saya kurang percaya kalau blogger suka menghapus blog. Tetapi ternyata iya lo..

8. Monetize
Kita bisa pasang iklan di blog kita dan mulai ngasilin uang. Dalam hal ini hanya wordpress.com saja yang tidak bisa dipasangi iklan. Blog Wordpress yang dihosting di tempat kita sendiri boleh dipasangi iklan, contohnya iklan adsense. Blogger sendiri membolehkan penggunanya memasang iklan diblognya.

Kesimpulan:
Kalau kita pengennya membuat blog untuk pemula, pakailah blogger karena gampangnya antar muka yang disediakan, tetapi kalau kita pengen kontrol yang lebih baik, penggunaan theme yang lebih banyak jenisnya, pakailah WP.